Book Review: Rujak Manis



Foto pribadi.
***



✒📘Book Review📘✒

Judul buku: Rujak Manis

Penulis: Mayora

Desain ilustrasi: Mayora 

Genre: Fiksi base on true story 

Tebal: 74 Halaman 

Penerbit: OPM (One Peach Media) 

Tahun terbit: Cetakan tahun 2022

ISBN: 978-623-5515-61-8


Buku ini bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. Matching. Di mana Mrs. Matching membagikan journey-nya selama 30 hari. Siapakah Mrs. Matching dan apa saja yang dilakukan selama satu bulan penuh? Simak sedikit ulasan ini siapa tahu banyak hal yang bisa kalian petik seperti yang saya rasakan.


Dari judulnya, mungkin ada yang menebak kalau buku ini merupakan sebuah buku resep masakan. Atau hanya saya saja yang merasakan itu. Bagaimana tidak, kata “Rujak Manis” tentu saja akan memicu saraf otak dengan sajian rujak yang nikmat. 


Namun, rupanya saya salah. Alih-alih mendapatkan resep rujak buah ataupun rujak manis, saya malah mendapatkan sebuah wejangan yang dikemas dalam bahasa yang santun, ringan, dan mudah dicerna.


Tak ubahnya sebuah rujak, cerita yang disuguhkan benar-benar mampu mengaduk-aduk perasaan. Memanjakan indera perasa lain untuk menikmati sajiannya dalam sekali duduk. 


Seperti menemukan oase di gurun yang luas, “Rujak Manis” mampu memberikan pengertian baru tentang kehidupan. Menilik kehidupan dan pengalaman orang lain dari sudut pandang yang berbeda. Setiap kata yang diungkapkan oleh Mrs. Matching merupakan pembelajaran. 


Beberapa bab yang saya paling suka dari buku ini:


❤️Memiliki sesuatu itu yang penting fungsinya bukan penampilannya. (Halaman 17) .


Merupakan sebuah pesan dari sang ayah yang sampai kini diingat oleh Mrs. Matching.  Di halaman itu pun saya bisa melihat betapa Mrs. Matching mencintai almarhum ayah. Yang merupakan cinta pertamanya. 


Ketika membaca part ini, membuat mata saya berkaca-kaca. Entahlah, tulisannya terasa begitu hangat dan dalam bagi saya. 


❤️ Kita sering memandang profesi orang lain dengan sebelah mata dan terlalu mengagungkan yang kita punya. Senyatanya kita mahir di satu bidang, belum tentu mumpuni di bidang lain. (Halaman 46).


Merupakan sebuah pesan dan catatat mendalam bagi diri saya pribadi. Meskipun berbeda perspektif, tetapi cocok dan relevan. Tak bisa dimungkiri, memang seperti itu kenyataannya hingga membuat saya terpana.


❤️ Pada halaman 20 saya disuguhkan dengan obrolan dan candaan ringan dari Mr. dan Mrs. Matching. Enggak romantis kok, tapi entahlah suka saja membaca part ini. Hihihi.


❤️ Di halaman 26 saya dibawa untuk menari dan menyelami diksi indah yang diperuntukkan kepada buah hati. Sebuah kado istimewa yang membuat meleleh, bukan karena berpanya, tetapi lebih ke makna dan doa yang terucap.






Nah, itulah tadi beberapa part yang membuat sangat terkesan. Ingin baca lagi dan lagi. Hehehe.


Untuk itu, sebagai pembaca, saya pun merekomendasikan buku “Rujak Manis” ini untuk dikonsumsi (baca: dibaca). Selain disuguhkan dengan diksi yang bertabur keindahan, buku ini juga diberikan sentuhan ilustrasi yang memukau. Sehingga dapat memanjakan mata. Buku yang bikin candu.


Salah satu kekurangan buku ini menurut saya adalah, kurang banyak. Artinya, ketika memutuskan untuk membaca, tak terasa dalm sekejap bukunya sudah mengajak berpamitan karena telah rampung. 


Padahal masih banyak cerita yang ingin dibaca. Hehehehe. Saya pun jadi berharap kalau suatu ketika akan hadir Mrs. Matching seri-2. Di mana isinya lebih beragam lagi dan menceritakan banyak hal. Kalau bisa, kegiatannya selama setahun. Hahaha.


Siapakah Mrs. Matching itu dan apakah hubungannya dengan Mayora? Mmmm … jika penasaran dengan sangat, silakan baca bukunya atau tanya langsung dan hubungi, serta DM langsung di akunnya @mention_mee. Loh, mohon maaf promo jadinya. Hihihi


Jadi, Mayora atau (@mention_mee) adalah seorang penulis sekaligus ASN di kota Jatim. Beliau adalah penulis yang memulai karirnya dengan menuliskan berbagai review tentang makanan dan perjalanan liburannya. 


Awal menulis suka sekali berpuisi, tetapi kini karya fiksinya tak kalah cetar. Mayora juga seorang penyuka fotografi dan desain canva.



***

Jumlah kata 576

ODOP2023





 

Komentar

Postingan Populer