Book Review: The Twits



Desain ilustrasi dibuat oleh Ana di @canva. 

***


 ✒📘Book Review📘✒


Judul buku: The Twits 

Penulis: Roald Dahl 

Ilustrasi: Quentin Blake 

Genre: Fiksi Fantasi Anak 

Tebal: 102 Halaman 

Penerbit: Great Britain by Jonathan Cape(cetakan tahun : 2010)


***


❤️ If a person has ugly thoughts. It begins to show on the face, and when that person has ugly thoughts every day, every week, every year, the face gets uglier and uglier until it gets so ugly you can hardly bear to look at it. A person who has good thoughts cannot ever be ugly. You can have a wonky nose and a crooked mouth and a double chin and stick out teeth, but if you have good thoughts they will shine out of your face lile sunbeams and you will always look lovely.


Tulisan ini merupakan part yang saya suka dari buku. Kesannya mendalam. Seolah diingatkan kembali untuk selalu menjaga pikiran dan perasaan untuk tetap positif. Karena apa pun yang terpancar dari wajah kita merupakan hasil dari proyeksi di hati. 


Tak heran ada orang yang perawatan mahal tetapi tak terlihat menarik. Namun, ada seseorang yang biasa saja dalam artian tidak pernah make-up, tetapi autanya sangat memancar dan berwibawa. 


Buku ini bercerita tentang sepasang suami istri bernama Tuan dan Nyonya Twits. Diceritakan, keduanya sering sekali bertengkar dan melakukan prank satu sama lain. Mereka memiliki rumah unik, kebun yang terdapat pohon besar tak berdaun, dan juga 4 ekor kera yang dikerangkeng dalam sebuah sangkar.


Menurut saya, buku ini baik untuk dibaca karena mengajarkan tentang mencintai hewan. Sebagai manusia tidak sepatutnya kita memperlakukan hewan dengan semena-mena. Dapat dipetik pula bahwa, setiap yang berbuat baik akan mendapat kebaikan yang ia sebarkan, sebaliknya yang menebar keburukan akan menerima keburukannya itu. 


Nah, mengenai keburukannya, sebagai seorang pembaca dewasa, saya merasa ceritanya tidak cocok untuk anak-anak dan remaja. Karena kedua tokohnya saling nge-prank secara bergantian. Kemudian bersikap tidak baik kepada hewan.


Namun, jika dari sisi anak dan remaja, tentu cerita ini akan sangat menyenangkan dan lucu. Apalagi pasangan suami istri ini tak mau kalah. Saling serang dan menjatuhkan dengan trik-trik yang mereka buat. Saling mempermainkan satu sama lain.


Untuk itu disarankan apabila anak-anak ingin membacanya, sebaiknya didampingi orang tua, sehingga mendapat pantauan dan arahan. Agar tidak menirukan hal-hal yang tidak baik. Yang ditakutkan apabila anak-anak membaca tanpa pengawasan orang tua, maka mereka akan belajar trik-trik liar yang ada di dalam buku dan mempraktekkan kepada orang lain, atau kepada makhluk hidup yang lain. 


Mengenai imajinasi penulis tentu saja perlu diacungi jempol. Anak-anak akan dibuat berimajinasi dengan penggambaran yang gamblang. Ditambah ilustrasi yang menarik.


***


Jumlah tulisan 419 kata

ODOP2023

OPREKODOP2023day-13




Komentar

Postingan Populer